ESSAY "PENGARUH ERA DIGITAL DALAM DUNIA BISNIS: INOVASI, E- COMMERCE DAN PERUBAHAN MODEL UNIT KEGIATAN

 


                                                      ESSAY

    "PENGARUH ERA DIGITAL DALAM DUNIA BISNIS: INOVASI, E-              COMMERCE DAN PERUBAHAN MODEL UNIT KEGIATAN" 




            DISUSUN OLEH :

            NAMA : ACHMAT CHOIRUN NASAB 


                     PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI 

        FAKULTAS EKONOMI BISNIS DAN TEKNOLOGI DIGITAL

                UNIVERSITAS NAHDLATULULAMA SURABAYA

                              TAHUN PELAJARAN 2023/2024


Di Zaman sekarang memang canggih. Semakin canggih zaman tersebut.

semakin banyak juga berbagai macam teknologi digital yang ada dan membantu

kita untuk melakukan sesuatu. Maka dari itu, mahasiswa sangat penting untuk

meningkatkan perekonomian lewat teknologi digital. Berikut ini adalah beberapa

cara di mana mahasiswa dapat berkontribusi:


1. Inovasi Teknologi:

Mahasiswa memiliki kreativitas dan semangat inovasi yang tinggi. Mereka

dapat mengembangkan solusi teknologi baru yang dapat meningkatkan efisiensi

dan produktivitas dalam berbagai Mahasiswa memiliki peran penting dalam

meningkatkan perekonomian Indonesia melalui teknologi digital. Di era digital

saat ini, teknologi telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi, dan

mahasiswa memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada sektor ini. Berikut

adalah beberapa peran kunci mahasiswa dalam memajukan ekonomi Indonesia

melalui teknologi digital. Mahasiswa sering kali memiliki pandangan segar da

ide-ide kreatif dalam pengembangan teknologi. Mereka dapat mengambil peran

aktif dalam mengembangkan aplikasi, perangkat lunak, dan solusi digital baru

yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor ekonomi.


2. Kewirausahaan Digital

Mahasiswa dapat menjadi wirausahawan digital dengan mendirikan

startup teknologi. Mereka dapat memanfaatkan pengetahuan mereka untuk

menciptakan produk atau layanan digital yang inovatif dan mampu menciptakan

lapangan kerja baru serta menyumbang pendapatan negara.


3. Pendidikan Digital:

Mahasiswa dapat membantu meningkatkan akses pendidikan di seluruh

negeri melalui platform pendidikan digital. Mereka dapat berperan dalam

mengembangkan konten edukasi online, aplikasi pembelajaran, atau platform e-

learning yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


4. Pelatihan dan Keterampilan Digital:

Mahasiswa dapat mengambil peran dalam pelatihan dan pengembangan

keterampilan digital masyarakat. Mereka dapat menyelenggarakan workshop,

kursus online, atau kegiatan sosial yang membantu orang-orang memahami dan

menguasai teknologi digital.


.

5. Penelitian dan Analisis Data:

Mahasiswa di berbagai disiplin ilmu dapat melakukan penelitian dan

analisis data yang mendalam untuk memberikan wawasan yang berharga kepada

perusahaan dan pemerintah. Analisis data dapat membantu dalam pengambilan

keputusan yang lebih baik di berbagai sektor ekonomi.


6. Keterlibatan dalam Ekosistem Startup:

Mahasiswa dapat bergabung dengan komunitas startup lokal dan

berpartisipasi dalam acara, kompetisi, dan inkubator startup. Ini akan

membantu

mereka membangun jaringan, mendapatkan pengalaman praktis, dan mendukung

perkembangan ekosistem startup di Indonesia.


7. Mendukung E-commerce Lokal:

Mahasiswa dapat mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) dengan

mempromosikan dan menggunakan platform e-commerce lokal. Hal ini akan

membantu UKM meningkatkan penetrasi pasar dan meningkatkan pendapatan

mereka melalui penjualan online.


8. Aktivisme Digital:

Mahasiswa dapat menggunakan media sosial dan teknologi digital untuk

menyuarakan isu-isu sosial dan lingkungan yang relevan. Dengan menggalang

dukungan online, mereka dapat memengaruhi perubahan positif dalam kebijakan

dan praktik bisnis di Indonesia.


9. Kemitraan dengan Industri:

Mahasiswa dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan teknologi dan

industri terkait untuk magang, proyek bersama, atau penelitian kolaboratif. Ini

layanan digital. Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan

pendapatan, dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi

10. Wirausaha Digital

Mahasiswa dapat menjadi pengusaha muda yang berorientasi teknologi.

Mereka dapat memulai startup atau bisnis online yang menyediakan produk atau


layanan digital. Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan

pendapatan, dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi.


11. Pendidikan dan Pelatihan

Mahasiswa dapat menjadi mentor atau instruktur dalam pelatihan digital

untuk masyarakat umum, terutama mereka yang kurang berpengetahuan

teknologi digital.

teknologi. Dengan membagikan pengetahuan mereka, mahasiswa dapat

membantu lebih banyak orang menjadi lebih kompeten dalam penggunaan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi 6 Mahasiswa Berintelektual Dengan Anti Kekerasan Seksual Anti Perundungan Menjadi Remaja Asik Tanpa Usik

Perjalanan Delegasi Semadiksi Unusa di Raekorwil FKMBK Jatim 2024

Membangun Profil Desa Dengan Memperkenalkan Desa Toronan Melalui Video Kreatif